Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah : ....Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi: 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode
pengukuran, dan terapannya
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam-basa dengan menentukan
sifat larutan dan menghitung pH larutan
Indikator : • Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan
berbagai indikator.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
II. Uraian Materi Pembelajaran
Cara yang paling mudah untuk menentukan sifat asam dan basa adalah dengan
menggunakan indikator asam-basa, misalnya kertas lakmus. Kertas lakmus
merah akan berubah menjadi biru jika dicelupkan pada larutan basa. Sementara
itu, kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah jika dicelupkan ke dalam
larutan asam. Jika dicelupkan ke dalam larutan netral, kertas lakmus tidak
berubah warna.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan praktikum
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengingatkan kembali pengetahuan
siswa mengenai asam dan basa yang telah dipelajari sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
• Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat larutan asam/basa
dengan berbagai indikator.
• Menyimpulkan sifat larutan asam dan larutan basa.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang sifat larutan asam dan larutan
basa. Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan
pemberian tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi
V. Alat dan Sumber Belajar
• Alat-alat dan bahan untuk percobaan asam dan basa
• Buku KIMIA SMA 2B
VI. Penilaian
Guru menilai keaktifan dan kerja sama siswa selama melakukan percobaan.
Mengetahui, ................, .....................
Kepala Sekolah Guru Kimia
(___________________) (___________________)
NIP. ................................ NIP. ................................
0 komentar:
Posting Komentar