Minggu, 12 Juni 2011

RPP asam dan basa

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah   : ....
Mata Pelajaran  : Kimia
Kelas/Semester : XI/2
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi waktu  : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi    : 4. Memahami sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya
Kompetensi Dasar   : 4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan           menghitung pH larutan
Indikator : • Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius.
• Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry.
• Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam basa konjugasinya.
• Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis.

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat
• menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius;
• menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry;
• menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
dan menunjukkan pasangan asam-basa konjugasinya;
• menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis.

II. Uraian Materi Pembelajaran

• Pada tahun 1777, Lavoisier menyatakan bahwa asam merupakan zat yang
mengandung oksigen yang berarti pembentuk asam.
• Pada tahun 1810, Humphry Davy menemukan bahwa hidrogen klorida
yang tidak mengandung oksigen bersifat asam. Davy menyimpulkan yang
bertanggung jawab atas sifat asam adalah hidrogen, bukan oksigen.
• Pada tahun 1884, Arrhenius mengemukakan teori asam-basa. Menurut
Arrhenius, asam merupakan zat yang dalam air melepaskan ion H+,
sedangkan basa merupakan zat yang dalam air melepaskan ion OH–.
• Pada tahun 1923, Bronsted–Lowry mengajukan konsep asam-basa. Menurut
keduanya, asam merupakan spesi yang memberikan proton (donor proton),
sedangkan basa merupakan penerima proton (akseptor proton).
• Asam Lewis adalah zat yang menerima sepasang elektron. Setiap spesi
yang kekurangan elektron dapat berfungsi sebagai asam Lewis. Basa Lewis
adalah zat yang dapat memberikan sepasang elektron.

III. Metode Pembelajaran
Ceramah, diskusi, dan pemberian tugas

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal (Apersepsi)
Guru memimpin diskusi kelas untuk mengungkap pengetahuan siswa
mengenai pengertian asam dan basa.
b. Kegiatan Inti
• Menjelaskan pengertian asam-basa Arrhenius, Bronsted dan Lowry
serta asam-basa Lewis melalui diskusi kelas.
• Berlatih menentukan pasangan asam-basa Bronsted–Lowry.
c. Kegiatan Akhir (Penutup)
Guru dan siswa membuat simpulan tentang pengertian asam dan basa.
Selanjutnya, guru melakukan penilaian atau tes hasil belajar dan pemberian
tugas untuk mengetahui ketercapaian indikator dan kompetensi.

V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku kimia SMA 2B halaman
• CD Multimedia Interaktif Kimia Kelas 2

VI. Penilaian

 
Pengayaan
1. Selesaikan reaksi asam-basa Bronsted–Lowry berikut, kemudian tentukan
pasangan asam-basa konjugasinya
a. HNO2 + H2O <=> ....
b. HPO42– + NH4+ <=> ....
c. H2S + OH– <=> ....
d. H2CO3 + CO32– <=> ....
2. Tentukan asam konjugasi dari spesi berikut.
a. C6H5COO–     d. NH3
b. SO42–              e. CH3NH2
c. OH–
3. Tentukan basa konjugasi dari spesi berikut.
a. HBr             d. H2SO4
b. H3O+          e. H2PO4
c. HF

0 komentar:

Posting Komentar